Apa Itu Action Plan dan Mengapa Bisnis Membutuhkannya?
Apa Itu Action Plan dan Mengapa Bisnis Membutuhkannya? | TopKarir.com

Action plan adalah salah satu komponen dalam bisnis yang tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, jika Anda ingin membangun bisnis yang sukses, tentu membuat perencanaan yang matang adalah salah satu kuncinya.

 

Membuat action plan bukan hanya bermanfaat untuk mengorganisir semua pekerjaan agar tetap sesuai rencana untuk mencapai target, tapi juga membuat bisnis menjadi lebih terarah dan terukur.

 

Lantas apa itu action plan dan manfaatnya untuk bisnis? Berikut ulasan selengkapnya.

Apa itu action plan?

Action plan atau rencana tindakan adalah daftar periksa untuk langkah-langkah atau tugas yang perlu Anda selesaikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

Ini adalah bagian penting dari proses perencanaan strategis dan membantu meningkatkan perencanaan kerja tim. Tidak hanya dalam manajemen proyek, tetapi rencana tindakan dapat digunakan oleh individu untuk mempersiapkan strategi guna mencapai tujuan pribadi mereka juga.

Komponen rencana aksi termasuk

 

  • Penjelasan yang jelas tentang tujuan yang ingin dicapai
  • Tugas / langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan
  • Orang yang akan bertugas menjalankan tugas masing-masing
  • Kapan tugas ini akan diselesaikan (tenggat waktu dan tonggak sejarah)
  • Sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas
  • Tindakan untuk mengevaluasi kemajuan
  • Hal yang hebat tentang mencantumkan semua hal di satu lokasi adalah mempermudah melacak kemajuan dan merencanakan berbagai hal secara efektif.

 

Sebuah rencana aksi bukanlah sesuatu yang kaku dan tidak bisa diubah. Saat organisasi Anda tumbuh, dan keadaan sekitarnya berubah, Anda harus meninjau kembali dan membuat penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan terkini.

Mengapa bisnis membutuhkan action plan?

Terkadang bisnis tidak menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan rencana tindakan sebelum inisiatif, yang, dalam banyak kasus, mengarah pada kegagalan. 

 

Perencanaan membantu Anda mempersiapkan rintangan di depan dan membuat bisnis tetap berjalan pada jalurnya. Dan dengan rencana tindakan yang efektif, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan tetap fokus.

 

Berikut adalah beberapa manfaat dari rencana tindakan yang harus Anda ketahui:

 

  • Ini memberi Anda arah yang jelas. Karena rencana tindakan menyoroti dengan tepat langkah apa yang harus diambil dan kapan harus diselesaikan, Anda akan tahu persis apa yang perlu Anda lakukan.
  • Memiliki tujuan Anda ditulis dan direncanakan dalam langkah-langkah akan memberi Anda alasan untuk tetap termotivasi dan berkomitmen selama proyek berlangsung.
  • Dengan rencana tindakan, Anda dapat melacak kemajuan Anda menuju tujuan.
  • Karena mencantumkan semua langkah yang perlu Anda selesaikan dalam rencana tindakan Anda, ini akan membantu memprioritaskan tugas berdasarkan upaya dan dampak.

 

Selain perihal perencanaan aksi perusahaan, temukan tips karir lainnya dari NU Career. Jangan lupa kunjungi situs resmi NU Career di https://www.nucareer.id/ untuk mencari beragam lowongan pekerjaan terbaik.