Ini 5 Alasan Pentingnya Perilaku Konsumen dalam Bisnis
Ini 5 Alasan Pentingnya Perilaku Konsumen dalam Bisnis | TopKarir.com

Memahami perilaku konsumen sangat penting bagi bisnis untuk menemukan kesuksesan untuk produknya saat ini serta peluncuran produk baru. Setiap konsumen memiliki proses berpikir dan sikap yang berbeda dalam membeli produk tertentu.

 

Jika perusahaan gagal memahami reaksi konsumen terhadap suatu produk, ada kemungkinan besar produk akan gagal dijual di pasaran. Karena perubahan mode, teknologi, tren, gaya hidup, pendapatan faktor serupa lainnya, perilaku konsumen juga berubah. 

 

Seorang pemasar harus memahami faktor apa saja yang berubah sehingga upaya pemasaran dapat diselaraskan. Lantas apa pentingnya perilaku pembelian konsumen dalam bisnis? Berikut penjelasan selengkapnya. 

1. Membentuk Diferensiasi Konsumen

Dalam pemasaran, diferensiasi konsumen merupakan cara untuk membedakan seorang konsumen dari beberapa konsumen lainnya. Ini membantu untuk membuat kelompok sasaran pelanggan dengan perilaku yang sama atau serupa.

 

Meskipun Anda memiliki demografis pelanggan yang ditargetkan dalam bisnis, Anda masih dapat memiliki variasi di antara pelanggan individual. 

 

Setiap kelompok konsumen berbeda dan kebutuhan serta keinginan mereka berbeda dari kelompok lain. Ketika seorang pemasar memiliki pengetahuan tentang diferensiasi setiap kelompok konsumen, dia dapat merancang program pemasaran yang tepat.

 

Diferensiasi konsumen akan membantu menyesuaikan strategi Anda dengan kebutuhan berbagai kelompok pelanggan. Ketika diferensiasi konsumen selesai, Anda dapat memperluas layanan dan akan mampu melayani kelompok orang yang lebih banyak secara efektif.

2. Retensi Konsumen

Perilaku konsumen tidak hanya penting untuk menarik pelanggan baru, tetapi juga sangat penting untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. 

 

Jika pelanggan senang dengan produk tertentu, dia akan mengulangi pembelian tersebut. Oleh karena itu, pemasaran produk harus dilakukan sedemikian rupa sehingga meyakinkan konsumen untuk membeli produk tersebut berulang kali.

 

Jadi, sangat jelas bahwa menciptakan pelanggan dan mempertahankan mereka sangat penting. Ini dapat dilakukan hanya dengan memahami dan memperhatikan perilaku pembelian konsumen.

3. Merancang Program Pemasaran yang Relevan

Memahami perilaku konsumen memungkinkan Anda membuat kampanye pemasaran yang efektif. Setiap kampanye dapat berbicara secara khusus kepada kelompok konsumen yang terpisah berdasarkan perilaku mereka.

 

Misalnya, saat menargetkan pasar anak-anak, Anda mungkin harus mencari tempat seperti iklan TV, program sekolah, dan blog yang menargetkan ibu muda. Anda perlu mengambil pendekatan pesan yang berbeda untuk kelompok konsumen yang berbeda.

 

Studi tentang perilaku konsumen memungkinkan para pemasar memahami apa yang menjadi motif konsumen melakukan pembelian. Selanjutnya motif yang sama dapat dimanfaatkan dalam media periklanan untuk menggugah keinginan melakukan pembelian. Selain itu, pemasar harus mengambil keputusan terkait logo merek, kupon, pengepakan, dan hadiah atas dasar perilaku konsumen.

4. Memprediksi Tren Pasar

Analisis perilaku konsumen akan menjadi yang pertama menunjukkan pergeseran tren pasar. Misalnya, tren konsumen saat ini adalah ramah lingkungan dan makanan sehat. Tren pasar yang berubah ini diamati oleh banyak merek termasuk kompetitor. Berdasarkan perilaku konsumen, kompetitor akan menghadirkan pilihan makanan sehat.

 

Dengan melakukan studi perilaku konsumen, perusahaan menghemat banyak sumber daya yang mungkin dialokasikan untuk menghasilkan produk yang tidak akan dijual di pasar. Misalnya, di musim panas sebuah merek tidak akan menyia-nyiakan sumber dayanya untuk menghasilkan produk yang tidak akan laku di musim panas. 

 

Berdasarkan perilaku konsumen, perusahaan memutuskan strategi produksi yang akan menghemat biaya gudang dan biaya pemasaran.

5. Persaingan

Salah satu alasan terpenting untuk mempelajari perilaku konsumen adalah untuk menemukan jawaban atas beberapa pertanyaan:

  • Apakah pelanggan membeli dari pesaing Anda?

  • Mengapa konsumen membeli dari pesaing Anda?

  • Fitur apa yang menarik konsumen ke produk pesaing Anda?

  • Kesenjangan apa yang diidentifikasi konsumen Anda dalam produk Anda jika dibandingkan dengan pesaing Anda?

Mempelajari perilaku konsumen memudahkan dalam memahami dan menghadapi persaingan. Berdasarkan ekspektasi konsumen, merek Anda dapat menawarkan keunggulan kompetitif.

 

Nah, agar sukses dalam berbisnis, masih banyak artikel tips karir yang bermanfaat dari NU Career. Jangan lupa registrasi ke NU Career untuk menemukan pekerjaan impianmu.