Tips Mengoptimalkan Algoritma YouTube untuk Meningkatkan Views Video
Tips Mengoptimalkan Algoritma YouTube untuk Meningkatkan Views Video | TopKarir.com

Tips mengoptimalkan Algoritma YouTube agar video kamu banyak views boleh dibilang gampang-gampang susah. Perlu usaha, bukan hanya sekedar upload video lalu santai menunggu views datang. 

 

Sebagai seorang Youtuber atau content creator, keberhasilan serta kepuasan yang ingin didapatkan itu salah satunya adalah banyak views untuk video video yang di-upload. 

 

Kamu harus mengetahui rahasia dari Algoritma YouTube untuk mendapatkan views yang banyak. Mengetahui dan mengoptimalkan Algoritma YouTube merupakan paling utama agar videomu mampu dinikmati banyak orang.

 

Tips mengoptimalkan Algoritma YouTube

 

Mengoptimalkan Algoritma YouTube mampu membuat video-videomu mudah ditemukan orang di hasil pencarian YouTube sehingga mampu menjangkau audiens yang kamu inginkan. Begini tipsnya.

 

  1. Mengoptimalkan Deskripsi dan Judul Video

 

Optimalkan teks di deskripsi video yang kamu unggah. Ini akan membantu Algoritma YouTube memunculkan Video saat pengguna menelusuri topik sesuai video yang kamu buat. 

 

Pastikan fokus pada keywords di bagian depan kalimat, satu atau dua keywords di deskripsi dan judulnya. Optimalkan keyword yang relevan dan banyak dicari.  Jangan lupa juga gunakan tags.

 

  1. Pelajari Sumber Traffic Views

 

Kamu harus tahu sumber traffic views sebenarnya dari mana saja. Sumber views bisa dari aplikasi atau situs eksternal di luar YouTube seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan forum di internet.

 

Jika begitu, tingkatkan terus kualitas videomu, karena itu akan membuat semakin banyak orang membagikan link videomu ke situs/aplikasi lainnya. Ttu salah satu cara meningkatkan views video YouTube kamu.

 

Apabila sumber views kamu dari halaman home, notifikasi subscribers, dan juga dari subscribers setia, maka kamu harus mampu memberikan feedback kepada mereka di komentar mereka.

 

Membalas atau sekadar menyukai komentar mereka bakal membuat para subscribers semakins setia untuk terus menonton. Mereka juga biasanya tak segan memberi ide konten untuk video video kamu selanjutnya. 

 

Sumber traffic views selanjutnya adalah dari Suggested Video, yaitu apabila YouTube Algoritma merekomendasikan video kita kepada penonton yang baru saja selesai menonton sebuah video yang memiliki karakteristik yang sama.

 

  1. Manfaatkan YouTube Analytics

 

Kamu harus belajar menggunakan YouTube Analytics. Itu penting agar kamu benar-benar bisa melihat secara detail performa setiap video yang diunggah. 

 

Di situ akan tertera data mengenai konten mana yg disukai viewers, engagement yang paling tinggi, dan lain-lainnya. Data ini bisa kamu jadikan pertimbangan untuk membuat konten selanjutnya.

 

  1. Buat Thumbnail yang Menarik

 

Thumbnail dan title adalah hal pertama yang dilihat oleh viewers. Kamu harus membuat Thumbnail semenarik mungkin dan relevan dengan kontennya, agar viewers tidak merasa tertipu. Kamu boleh membuat Thumbnail yang agak kontroversial tapi tetap tidak lari dari isi video tersebut.

 

  1. Perhatikan Durasi Video

 

Video yang berdurasi delapan menit atau lebih performanya bisa 350 persen lebih baik berdasarkan penelitian oleh TubeFilter. Jadi jangan buat video di bawah delapan menit.

 

Kamu perlu juga memperhatikan soal sessions start, yaitu saat penonton tertarik untuk melihat video kamu yang lain usai menonton satu video. 

 

Algoritma YouTube akan membuat video kita lebih banyak direkomendasikan jika kita punya banyak video sessions start ini.

 

  1. Konsisten dan Fokus Membuat Konten yang Spesifik

 

Kamu harus konsisten dalam memilih tema dan dalam menentukan waktu tayang videomu., Konsistensi ini bakal membuat viewers setia bisa terus mengikuti perkembangan konten terbaru kamu. 

 

Buat mereka selalu menantikan videomu di waktu kamu biasa menguploadnya. Atur jadwalnya dan jangan kecewakan viewers mu.

 

Membuat konten yang spesifik juga sangat disarankan. Misal kamu fokus membuat konten makanan, jangan tiba-tiba kamu memasukkan konten soal komputer, misalnya.


Itu dia tips mengoptimalkan Algoritma YouTube agar video yang kamu unggah banyak views. Masih banyak artikel tips karir yang bermanfaat dari NU Career. Jangan lupa registrasi ke NU Career untuk menemukan pekerjaan impianmu.